Tips Pilih Beras Hitam yang Cocok untuk Diet

Jual beras hitam yang memiliki warna berbeda namun masih tergolong keluarga biji-bijian sehingga cocok untuk diet.Sebagai salah satu negara di Asia, Indonesia menjadikan beras sebagai bahan utama makanan. Rasanya belum kenyang jika tidak makan dengan nasi. Beras hitam mungkin tidak sepopuler beras putih, namun untuk skala konsumsi di Indonesia, beras hitam tetap berada di jajaran 5 teratas. Meskipun kebanyakan orang memilih mengkonsumsi beras merah untuk diet, namun ternyata banyak sekali keunggulan nasi hitam untuk program diet. Karena itulah sekarang banyak yang mulai beralih ke beras hitam sebagai pengganti beras putih biasa untuk program diet mereka.

Sanderm Beras Hitam

Sanderm Beras Hitam

Cara Memilih Beras Hitam Di Toko Jual Beras Hitam

Meskipun bukan ahlinya, kita masih bisa memperoleh beras hitam dengan kualitas terbaik. Beras hitam yang mengandung vitamin, serat dan antioksidan tinggi yang umum digunakan pada catering diet saat ini. Berikut ini tips memilih beras hitam di tempat jual beras hitamĀ :

  • Perhatikan Teksturnya

Sebelum kita membeli beras hitam, kita harus memilih dulu mana beras hitam yang paling berkualitas. Jangan mudah tergiur dengan harga beras hitam yang dijual murah, karena belum tentu kualitasnya terbaik. Hal utama yang wajib dilakukan sebelum beli beras hitam adalah memperhatikan teksturnya.Pastikan untuk membeli beras hitam yang tekturnya kokoh, tidak cepat patah ketika ditekan-tekan. Bila berasnya mudah rusak dan hancur maka bisa jadi kualitasnya tidak baik. Jangan lupa pula untuk memperhatikan kondisi butiran berasnya, jika banyak yang patah berarti kualitasnya kurang. Dianjurkan untuk membeli beras hitam dalam kondisi bulir yang utuh.

  • Cium Aromanya

Saat pergi ke toko jual beras hitam organik, tidak perlu ragu untuk mencium aroma beras demi mengetahui kualitasnya. Beras hitam yang kualitas baik umumnya memiliki bau yang harum. Sedangkan kualitas beras hitam yang buruk umumnya beraroma apek.

jual beras hitam

jual beras hitam

  • Perhatikan Kondisi Beras

Harga jual beras hitam per kilo tidak bisa juga menjadi patokan utama beras berkualitas baik. Karena tidak seluruh beras hitam murah memiliki kualitas yang jelek. Untuk program diet, pastikan pilih beras hitam yang kondisinya baik, tidak memiliki banyak kerikil apalagi kutu. Jangan cepat tergiur dengan beras hitam yang terlalu mengkilap atau wangi, karena bisa jadi beras menggunakan pewangi buatan. Pilih beras dengan hati-hati dan teliti agar tidak kecewa setelah membeli.

  • Remas Beras

Cara terakhir yaitu dengan meremas berasnya. Beras hitam yang kualitas baik dan pulen saat dimasak akan terasa kuat dan kokoh saat diremas. Beda dengan beras hitam yang mengandung banyak air, umumnya lebih cepat patah saat diremas.

Mengkonsumsi beras hitam sebagai menu diet sehat sudah menjadi gaya hidup masyarakat urban. Terlebih kini banyak catering diet yang menawarkan menu nasi hitam di samping nasi merah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *