Tips Budidaya Beras Hitam Agar Cocok untuk Diet

Jual beras hitam agar memiliki kualitas yang cocok untuk diet harus dimulai sejak masa budidayanya. Dengan demikian beras akan memiliki kandungan yang dicari orang dalam program diet mereka. Budidaya beras hitam di Indonesia bisa dilakukan kapan saja dengan teknik perakaran. Cara menaman menggunakan teknik ini berbeda dari cara lainnya, karena tanaman beras hitam tidak akan terendam air sehingga lebih cocok untuk diet. Selain itu, satu lubang bibit tanaman hanya bisa ditanam oleh satu bibit saja, tidak bisa langsung ditanami beberapa bibit.

jual beras hitam

jual beras hitam

Jual Beras Hitam Sesuai Cara Budidaya yang Benar

Menanam beras hitam mungkin menjadi hal baru bagi beberapa orang terutama yang tidak pernah melakukan penanaman sama sekali. Oleh karena itu, ikuti petunjuk cara menanam beras hitam yang baik dan benar berikut ini.

  • Persemaian

Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah menyediakan tempat untuk menanam benih. Pilih tempat yang berukuran 15x15cm untuk menaman 60-70 benih/bata. Setelah tempatnya siap, masukkan media tumbuh ke tempatnya dengan proporsi 1:1, lalu cukup simpan tanaman di depan rumah.

  • Cara Tanam

Selanjutnya lakukan teknik penanaman tunggal di mana tiap lubang akan ditanam satu bibit beras hitam sehingga proses penanamannya lebih efektif. Kegiatan penanaman ini membantu mengurangi resiko tanaman berebut oksigen, nutrisi maupun sinar matahari.

  • Jarak Tanam

Untuk penanaman yang baik, jarak tanamnya tidak boleh lebih dari 30×30 cm. Jarak tanaman ini akan mempengaruhi kualitas dari produksi beras hitam. Tidak heran jika harga jual beras hitam per kilo cukup mahal.

  • Pemupukan

Proses ini wajib dilakukan untuk menghasilkan beras dengan kualitas terbaik seperti yang ada di tempat jual beras hitam. Proses pemupukan disarankan untuk meningkatkan kualitas dari beras hitam. Adapun jenis pupuk yang dipilih adalah pupuk organik yang dibuat dari kotoran binatang atau bahan organik lainnya.

Pupuk organik nantinya akan diberikan 1-2 ton per hektar, jika tidak ada pupuk organik, bisa juga dengan memakai pupuk cair. Pemberian pupuk organik ini hanya dilakukan sebelum bibit beras hitam ditanam.

jual beras hitam

jual beras hitam

  • Pengelolaan Air/Penyiangan

Di usia tanam 7-10 hari, lokasi sekitar harus disiangi dari rumput liar. Setalah tanaman berusia 47-55 hari, usahakan agar lahan berada dalam kondisi kering selama 10 hari. Cara ini diperlukan untuk menghindari tanaman tumbuh lebih tinggi.

Setelah dikeringkan, basahi lagi area tanam namun pastikan tidak terlalu basah bahkan terendam. Setelah dibasahi, selanjutnya area akan dikeringkan sekali lagi sebelum masa panen datang.

  • Pengendalian Hama

Cara mudah mengendalikan hama yaitu dengan menyemprotkan pestisida organik, kurang lebih gunakan 3-5 cc/liter. Berikan obat hama ini sekali dalam satu pekan agar tanaman terhindar dari serangan serangga dan laba-laba. Inilah cara efektif menanam beras hitam organik seperti yang ada di toko jual beras hitam organik.

Jika ingin memperoleh beras hitam kualitas tinggi, pastikan lakukan proses penanaman dengan baik sesuai langkah-langkahnya. Dengan demikian hasilnya beras hitam akan sesuai untuk diet sehingga bisa untuk dipasarkan lewat toko yang jual beras hitam untuk diet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *