Ternyata Beras Putih Lebih Sehat daripada Beras Hitam !

wedang beras hitam

wedang beras hitam

beras hitam alami

beras hitam alami

Jual Beras Hitam – Ya benar! Tapi itu kalau beras putih nya bebas pestisida, sedangkan beras hitamnya disemprot pestisida. Hehe. Pestisida adalah racun, bukan obat. Apapun yang terkena pestisida, berarti terkena racun kan. Tapi katanya beras hitam tak kenal hama, jadi tak perlu disemprot pestisida? Tergantung petaninya dong…

Sebenarnya, pestisida dibuat sebagai senjata terakhir jika hama atau binatang-binatang merusak tanaman melebihi ambang batas tertentu. Batas itu disebut batas ekonomi. Maksudnya, jika dalam tanaman rusak dalam persentase tertentu sehingga petani akan merugi, barulah pestisida boleh dipakai.

Tapi bagaimana prakteknya? Tak ada yang namanya polisi sawah atau pengawas agraria. Jadi petani bisa semprot apapun sesuka hatinya. Lihat wereng seekor lewat, langsung semprot. Bahkan sampai bikin jadwal. Jadi tak peduli ada hama atau tidak, yang penting semprot dulu. Tanggal sekian-sekian, semprot saja. Terus, semprotnya asal saja. Tidak pakai pelindung apapun. Padahal di kemasan pestisida selalu ada petunjuk pemakaian yang menyarankan penyemprot untuk menggunakan pelindung penuh.

jual beras hitam

jual beras hitam

Mirisnya, untuk mengaduk larutan pestisida saja, seringkali pakai tangan kosong. Bahkan ada yang bilang, kalau terasa sedikit kejang atau kesemutan di tangan, berarti pestisidanya ampuh! Wauw.

Kalau sudah disemprot, racun akan menempel pada bulir padi. Jika hanya pecah kulit saja, kemungkinan besar racun itu masih menempel di kulit ari. Jadi beras-beras utuh seperti beras coklat, merah, atau hitam, yang masih mengandung kulit ari, bisa mengandung racun jika saat ditanamnya disemprot pestisida.

jual beras hitam

jual beras hitam

Sedangkan beras putih, selain kulit arinya dibuang, juga digosok sampai mengilat. Sehingga walaupun pernah disemprot pestisida saat ditanam, bisa saja lolos uji pestisida. Dan memang sudah tidak mengandung racun lagi. Juga tidak mengandung nutrisi mata beras dan kulit ari juga. Hanya pati murni saja.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *