Resep Diet Nasi Liwet Beras Hitam Ayam Panggang

Jual beras hitam sebagai menu rutin untuk diet bagi beberapa orang termasuk ibu rumah tangga. Banyak ibu rumah tangga yang memilih untuk membuat makanan berbahan dasar beras hitam karena alasan kesehatan. Beras hitam mungkin rasanya tidak sepulen dan selezat beras putih, namun untuk urusan nutrisi beras hitam jauh lebih unggul.Kandungan serat, vitamin, antioksidan dan zat besi pada beras hitam sangat tinggi sehingga baik untuk dikonsumsi sehari-hari. Beda dari beras putih, kalori dari nasi hitam lebih rendah apalagi bila beli di tempat jual beras hitam organik. Mengkonsumsi beras hitam tiap hari tidak akan meningkatkan berat badan, apalagi jika diolah dengan cara yang benar.

Jual Beras Hitam untuk Resep Diet Nasi Hitam yang Lezat

Makan nasi hitam liwet memang lezat apalagi bila ditemani dengan ayam panggang. Meskipun sedang diet, kita tidak bisa terpaku pada pakem makanan yang direbus atau dikukus saja. Jika bosan mengkonsumsi nasi hitam dari toko jual beras hitam organik dengan rebusan sayur. Resep berikut bisa jadi menu makanan alternatif diet:

Bahan Nasi Liwet

  • 2gelas beras hitam
  • 500ml air atau secukupnya
  • 5butir bawang putih
  • 10butir bawang merah
  • 5lembar daun salam, 1jari laos
  • 2lembar daun jeruk dan 1ruas sereh
  • Garam, lada bubuk serta gula

Bahan Ayam Panggang

  • Dada ayam
  • 2buah bawang merah serta bawang putih
  • Garam dan lada secukupnya

Cara Memasak

Untuk nasi liwet:

  1. Rendam beras hitamnya terlebih dahulu selama satu malam, di pagi hari beras hitam bisa ditiriskan. Cara ini perlu dilakukan untuk memperoleh nasi hitam yang lembut.
  2. Harga jual beras hitam per kilo cukup terjangkau dan untuk urusan pengolahan, beras hitam bisa diolah dengan menggunakan sedikit bumbu. Rasa beras hitam liwet ini tidak ada tandingannya apalagi bila dimakan dengan ayam panggang diet.Iris semua bumbu masak dan tumis dengan minyak dan jangan lupa masukan daun jeruk.
  3. Panaskan air setelah itu tambahkan beras hitam dan bumbu tumis. Beri laos, daun salam dan sereh. Agar rasanya lezat, beri gula, garam dan lada bubuk.
  4. Biarkan hingga air menyusut baru beras hitam siap dikukus. Kukusnya selama 45 menit.

Untuk Ayam Panggang:

  1. Cuci dada ayam sampai bersih.
  2. Parut bawang merah dan bawang putih lalu gunakan untuk melumuri dada ayam. Jangan lupa tambahkan garam dan lada secukupnya
  3. Biarkan selama 3 menit di lemari es supaya bumbunya meresep sampai ke bagian dalam daging.
  4. Panggang dada ayam memakai Teflon dengan api kecil dan tunggu hingga ayam panggang matang merata.
jual beras hitam
jual beras hitam

Untuk mengkonsumsinya Anda bisa menyajikan nasi liwet yang masih panas dengan lauk ayam panggang. Makanan ini mengandung kalori yang rendah memang sangat tepat untuk menu diet. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat dua masakan ini pun sangat sederhana bisa Anda dapatkan di toko jual beras hitam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *