Apa Benar Beras Hitam Bisa Obati Asam Urat? Begini Ceritanya

Pengobatan asam urat – Saya sendiri tak pernah mengira tapi kaget begitu mendengar kisah Bapak Yusuf yang nyeri lutut akibat asam uratnya reda hanya 2 jam setelah minum wedang beras hitam. Dan ternyata beliau tak sendirian. Ada Bapak Paimin, Ibu Yuli dan beberapa puluh orang lainnya yang melaporkan bahwa nyeri asam uratnya reda setelah minum air hitam dari beras legendaris ini. Padahal tidak ada klaim atau petunjuk sebelumnya kalau si hitam ini bisa mengatasi asam urat, dan kandungannya pun seperti tidak ada kaitan dengan asam urat.

Kenapa bisa begitu ya?

Sebelum bicara lebih jauh, kami tentu lebih menghormati prosedur medis dan ilmiah dalam menentukan khasiat suatu bahan terhadap kesehatan kita. Testimoni dari sekian ratus orang tanpa menggunakan metode ilmiah belum bisa dianggap bukti kuat dalam kacamata ilmiah. Karena ‘placebo effect’ alias pengaruh psikologis tentu akan sangat kuat. Belum lagi faktor lingkungan, makanan, gaya hidup dan seterusnya banyak sekali mempengaruhi. Prosedur ilmiah yang standar saat ini adalah uji klinis, dimana orang-orang yang menjadi objek penelitian diisolasi dalam lingkungan tertutup, meminimalkan pengaruh lain selain daripada obat yang diujikan. Cara ini seharusnya lebih akurat dalam menganalisis pengaruh suatu obat terhadap tubuh kita.

Meskipun, ya benar, tidak mungkin kita mengisolasi 100% pengaruh luar untuk mencapai hasil yang 100% valid. Maka betul lah jika disebut pendekatan, untuk mendekati kebenaran. Pendekatan ini memang memerlukan biaya besar karena prosesnya rumit sekali juga melibatkan banyak detail.

Sanderm Beras Hitam

Sanderm Beras Hitam

Pada dasarnya kesehatan adalah anugerah dan kehendak Yang Maha Kuasa, sedangkan kita hanya mampu mengusahakan melalui doa dan gerakan. Faktor psikologis berupa kepasrahan, kesadaran dan mindfulness yang sulit diukur secara ilmiah seringkali malah berperan besar bagi kesehatan tubuh kita. Tetapi kenyataan ini ya tetap tidak mengecilkan peran pengetahuan ilmiah sebagai ikhtiar kita menuju kesehatan. Kesadaran spiritual seharusnya menjadi pijakan utama dalam meneliti secara ilmiah sehingga perkembangan pengetahuan tidak melebar tanpa arah atau menjadi sekedar alat marketing yang merugikan masyarakat.

Nah kita kembali lagi ke asam urat. Asam urat mungkin dari namanya sering akan orang kira ada hubungannya dengan urat, apalagi memang nyerinya sering menyerang urat sendi. Mari kita kenal lebih dalam apa itu asam urat dan sebetulnya apa yang menjadi biang keroknya. Karena, asam urat ini bukan namanya penyakit! Ini hanyalah nama sebuah zat yang lazim terdapat dalam tubuh kita, namun jumlahnya berlebihan dan berada di tempat yang salah, sehingga menimbulkan nyeri.

jual beras hitam

Kalau diumpamakan dengan rumah yang banjir akibat genteng bocor, asam urat ini adalah air menggenang di dalam kasur di kamar. Apakah air ini masalah bagi rumah? Air dibutuhkan oleh rumah tetapi harusnya di dalam bak kamar mandi dan tidak kotor. Masalah yang sebenarnya adalah gentengnya rusak. Jadi kan lucu sekali ya kalau mengharap genangan ini hilang tapi cuma bolak-balik jemur kasur tanpa pernah mengganti genteng yang rusak!

Asam urat itu sebetulnya terjemahan dari uric acid, yaitu asam yang berhubungan dengan urine, atau mengandung urea. Jadi bukan urat otot sama sekali ya. Asam ini adalah hasil sampingan dari kerja liver ketika mengolah beberapa zat di tubuh dan asam amino purin dalam makanan. Nah purin inilah yang sering disebut orang sebagai biang kerok asam urat, banyak terdapat di emping melinjo atau jerohan misalnya. Beras hitam tidak termasuk ya hehe. Padahal tanpa makanan ini pun, liver akan tetap menghasilkan asam urat karena memecah zat lainnya yang memang ada di tubuh kita. Jadi seolah kita menyalahkan hujan yang menyebabkan rumah kita tergenang, padahal gentengnya yang bocor. Rumah yang sehat seharusnya tahan hujan.

Jadi apa sih sebetulnya yang diumpamakan sebagai genteng ini? Nah kita lanjut lagi, jadi setelah darah kita mengandung banyak asam urat maka tugas ginjal lah membuangnya melalui air seni. Jadi sebetulnya ginjal lah yang bermasalah dalam menyaring dan membuang asam urat. Inilah si genteng bocor yang kita bicarakan tadi, ini dia sumber masalahnya.

Karena tidak kunjung terbuang dari darah, akibatnya kandungan asam urat dalam darah kita melebihi batas jenuh, sehingga asam urat tidak lagi larut dan mulai mengkristal. Bayangkan seperti air yang terus ditambah gula sampai terlalu kental dan akhirnya mulai terbentuk Kristal gula. Nah bedanya, Kristal uric acid ini bentuknya tajam-tajam. Dan karena berat, maka dia sering menumpuk di bagian bawah tubuh. Tersangkut di persambungan tulang karena pembuluh darah disitu mengecil, menusuk-nusuk pembuluh darah, jaringan ikat sendi, otot dan semuanya. Bahkan saking banyaknya tumpukan sampai membengkak besar. Sakit betul itu ya!

Bagaimana kalau kita usulkan nama baru untuk penyakit ini ya, supaya orang tidak salah paham dan tidak salah berobat! Kalau ginjal bocor sepertinya terlalu menakutkan ya, atau bisa juga sedikit gangguan ginjal ya. Supaya fokus pengobatan tertuju kepada meregenerasi jaringan ginjal jadi bisa kembali menyaring dan membuang asam urat secara normal. Ketika ginjal sudah mulai sembuh, kadar asam urat darah akan turun sehingga Kristal-kristal yang menyakitkan itu akan kembali larut dan perlahan terbuang semua. Selesai masalah!

Saya tidak mengatakan bahwa berarti nyeri asam urat ini bisa dikesampingkan. Ya bagi beberapa orang perlu obat pereda nyeri jika rasa sakitnya sudah tak tertahankan. Saya tidak berani menuduh bahwa ada pihak tertentu yang sengaja merancang salah paham ini agar orang ketergantungan pada obat tertentu. Seharusnya kita sendiri lah yang lebih sadar dan mencari tahu karena hari ini informasi terbuka luas bagi siapapun. Tinggal klik atau tap sedikit akan ketemu dengan beras hitam, eh maksudnya ketemu apapun yang kita cari. Tinggal dipilah yang sesuai dan buang yang tipuan.  Menyalahkan bukan solusi, malah menjadi dampak negatif bagi kesehatan.

Jadi apakabar beras hitam? Baik-baik saja hehe. Nah untuk memastikan pengaruhnya memang harus melalui serangkaian penelitian ilmiah, sementara kita coba susun hipotesis awal. Nanti kalau ada kesempatan kita buktikan melalui metode ilmiah. Di antara kandungan beras hitam yang sudah berhasil diisolasi ada antioksidan, flavonoid, enzim, serat, vitamin dan mineral. Secara langsung, bisa jadi diantara kandungan ini berfungsi sebagai ‘carrier’ yang menyeret Kristal asam urat lalu ketika sampai di ginjal, akan dikenali sebagai zat yang lain daripada asam urat sehingga terbuang dari tubuh. Secara tidak langsung, bisa juga kandungan nutrisi dalam beras hitam memberi kesempatan bagi sel ginjal untuk meregenerasi. Memperbaiki kembali saringan rusak dalam glomerulus ginjal, atau mendorong sumbatan-sumbatan atau kelainan sel di dalamnya, sehingga dapat mulai berfungsi normal kembali dan membuang asam urat secara optimal.

Mengenai ginjal sebagai sumber utama masalah, ini juga masih harus diteliti lagi. Dalam sistem tubuh kita yang sangat kompleks, bisa jadi bukanlah ginjal yang bermasalah. Bisa jadi liver mengalami kelainan akibat suatu hal, sehingga menghasilkan asam urat secara berlebihan sehingga ginjal tak mampu menanganinya. Atau ada suatu kondisi dalam darah yang menyebabkan asam urat mengkristal secara tidak normal sebelum mencapai ginjal untuk dibuang. Banyak sekali kemungkinan yang seharusnya diperhatikan dan bukannya fokus kepada mengatasi gejala.

makanan untuk diet

Rumit kah? Tidak jika kita mencernanya sedikit demi sedikit. Jika artikel ini terlalu njlimet, silakan dibaca separo dulu, sisanya besok bisa cek www.berashitam.com lagi. Sambil browsing video yang menjelaskan tentang metabolisme asam urat. Atau jika ada kata yang sulit dimengerti, silakan ketik pertanyaan di kolom komentar, atau langsung kirim whatsapp ke nomor 08562081026. Dan yang terpenting jangan dilupakan, selalu libatkan Yang Maha Kuasa dalam setiap gerakan ikhtiar kita. Karena Dia lah Sumber dari segala kebaikan, Pencipta Yang Maha Bertanggung jawab, yang begitu penuh kasih sayang kepada kita semua, tidak akan membebankan cobaan melebihi dari kemampuan kita. Rasa Penasaran anda tentang Pengobatan Asam Urat terjawab bukan? Mari mulai sadar untuk hidup sehat dan berpikiran sehat.

Salam hijau!

– Sochi-

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *