Beginilah Cara Beras Hitam Membantu Kita Melawan Racun Di Dalam dan Luar Tubuh Kita

manfaat beras hitam

manfaat beras hitam

Beras Hitam – Mungkin Anda pernah melihat sebuah gambar tentang petani di Negara maju yang sedang menyemprotkan pestisida? Mereka memakai pakaian serba tertutup seperti astronot, lengkap dengan masker gas full face. Seperti apa beracunnya yang mereka semprotkan jika perlindungannya harus sedemikian rapat? Semoga tidak ada sawah beras hitam yang disemprot dengan racun yang mengerikan semacam itu.

manfaat beras hitam

manfaat beras hitam

Bisnis racun yang satu ini memang bisnis multimiliar dollar. Satu paket dengan pemakaian benih unggul yang rakus unsur hara dan lemah terhadap serangan hama, pemakaian pestisida menjadi kewajiban di setiap lahan di seluruh dunia. Pasar yang pasti dan terus bertumbuh merupakan mesin uang yang sangat menggiurkan.

Tambah menggiurkan lagi dengan kemampuan hama dan penyakit untuk menjadi resisten alias kebal dengan pestisida, sehingga pembeli (baca: petani) menjadi sangat ketergantungan. Ketergantungan itu sangat baik bagi cashflow perusahaan. Pemakaian pestisida semakin hari menjadi semakin banyak dan dosis semakin kuat, sehingga angka penjualan semakin tinggi.

jual-beras_hitam-berbulir

jual-beras_hitam-berbulir

Serangga dan mikroorganisme memiliki kemampuan yang luar biasa untuk mengembangkan ketahanan terhadap bermacam racun yang mereka hadapi di lahan. Balapan antara riset racun tercanggih dengan mutasi hama dan penyakit ini telah berlangsung selama lebih dari seabad. Sebagai gambaran, dosis pestisida yang sama hari ini dengan sekitar sepuluh tahun lalu ketika kami masih aktif bertani di lahan, sudah berlipat dua sampai 5 kali lipat.

Ini berarti jumlah racun yang harus ditanggung tanah dan sungai serta lautan, meningkat berlipat-lipat. Sedangkan ikan, reptil dan mamalia seperti kita manusia, tidak memiliki kemampuan untuk menjadi kebal seperti serangga. Jika laju peningkatan dosis racun ini terus seperti ini, kami sangat khawatir jumlah residu racun di tanah ketika cucu kita mulai dewasa nanti, sudah berada pada tahap yang mematikan.

Tetapi ternyata skenarionya jauh lebih buruk, dan telah terjadi sejak beberapa tahun lalu!

Pestisida generasi terbaru jauh lebih menyeramkan, yaitu bersifat sistemik. Artinya, zat racunnya akan masuk ke dalam sistem pembuluh dalam tanaman, sehingga disemprot di bagian manapun akan sama efektifnya. Bahkan jika disiramkan ke akar, maka zat pestisida ini akan diserap akar sehingga dapat tersedia di seluruh bagian tanaman. Perlindungan menyeluruh yang canggih. Sekaligus mengerikan. Bagaimana tidak? Kalau sudah terserap dalam setiap bagian tanaman, berarti mau dicuci sebersih apapun dengan sabun atau ramuan apapun, maka racunnya akan tetap berada di dalamnya. Yang berarti juga berada di dalam makanan kita. Di dalam nasi yang kita makan. Di dalam sayur bayam atau kangkung. Di dalam opor ayam, karena ayamnya makan bekatul dari padi yang disemprot pestisida sistemik. Dimana-mana dan bertahan, menumpuk di dalam tubuh kita, sampai entah kapan tubuh kita sanggup menahannya.

Jual wedang beras hitam

Jual wedang beras hitam

Dan ternyata masih ada cara (yang mengerikan) lainnya untuk menang dalam pertarungan dengan hama dan penyakit. Kami tidak sedang mendongeng film kartun superhero. Tanaman dan hewan mutan benar-benar ada dan bahkan sudah ditanam secara luas di beberapa Negara. Entah apa kabar Negara kita. Saya sebut mutan karena memang genetika makhluk ini sudah direkayasa. Menjadi superkuat dan superberacun terhadap hama tertentu. Juga supermenguntungkan bagi perusahaan, karena tanaman ini mandul, sehingga petani harus selalu membeli benih baru setiap kali ingin menanam.

Sayangnya, ada jenis polusi yang belum terkenal. Polusi genetik. Ketika padi atau jagung mutan mulai berbunga, maka serbuk sari akan tetap terbentuk meskipun telah dibuat mandul. Serbuk sari ini mengandung informasi genetik yang dapat terbawa angin, mendarat di putik padi atau jagung lain yang masih normal. Terjadilah proses perkawinan atau persilangan, DNA mutan dari serbuk sari ini akan menyatu dengan DNA normal tanaman. Gen beracun hasil rekayasa tadi akan berpindah dan kemungkinan besar dapat merubah, merusak, mengganggu proses alami, entah itu dalam pertumbuhan atau rantai makanan atau lainnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *