Makanan Untuk Diet, Tips Mengendalikan Lapar ala Beras Hitam

Sanderm Beras Hitam

Sanderm Beras Hitam

Makanan Untuk Diet– Rasa lapar memang berkaitan erat dengan berat badan dan jumlah tumpukan lemak di perut kita. Mengendalikan rasa lapar seperti sebuah misteri karena memang penyebabnya banyak sekali. Bagi orang tertentu atau saat tertentu, lapar bisa mengganggu sekali. Umumnya bagi orang yang sehat dan ingin turun berat badan, tentu ingin sesedikit mungkin terserang rasa lapar. Supaya makan sedikit, harapannya lipatan lemak di perut dan paha bisa berkurang. Di saat yang lain atau kondisi yang lain, justru mengharapkan rasa lapar yang tak kunjung datang. Saat sakit atau ketika mengandung, tubuh sangat perlu nutrisi tetapi mulut dan perut seolah menolak semua yang masuk. Jadi bagaimana beras hitam dalam kondisi-kondisi sulit seperti ini?

MENU MAKANAN UNTUK DIET HARI INI

Makanan Untuk Diet

Rasa lapar dihasilkan dari rangkaian kompleks dalam tubuh kita yang melibatkan banyak hormon, sinyal syaraf, gula darah, asam lambung, dan banyak lainnya. Yang tidak kalah pentingnya, bahkan mungkin yang terpenting, adalah kondisi psikologis kita. Maka teori yang kini banyak diterima adalah bahwa lapar merupakan kombinasi dari Lapar Tubuh dan Lapar Mata. Di belahan dunia sana, dikenal dengan istilah Homeostatic Hunger vs Hedonic Hunger.

Homeostatic Hunger alias Lapar Tubuh, dari terjemahan bebasnya adalah lapar yang tujuannya untuk menjaga homeostatik atau keseimbangan hidup tubuh kita. Lapar ini bisa muncul diantaranya dari sinyal usus ketika tidak ada makanan yang dicerna. Bisa juga karena kadar gula darah berada pada batas tertentu selama beberapa lama dan tidak ada sumber energi lain. Ada juga hormon yang tugasnya menjadi pemicu lapar, bernama ghrelin, dan lawannya yaitu hormon leptin yang memicu rasa kenyang.

Sedangkan Hedonic Hunger, terjemahan bebasnya adalah lapar untuk kepuasan, semata-mata hanya untuk memenuhi keinginan psikologis. Sebabnya sangat asbtrak dan bervariasi, tergantung dari kondisi psikologis. Mungkin kita pernah melihat iklan burger yang begitu tebal dagingnya, sausnya kental plus keju meleleh, mendadak perut keroncongan padahal baru sejam lalu makan nasi lengkap dengan sayur dan buah. Nah inilah hedonic hunger. Lapar mata. Atau setelah makan nasi yang lengkap dengan lauk daging dan sayur, tapi mulut kita masih mencari hidangan penutup yang manis-manis.

Antara lapar tubuh dengan lapar mata sebetulnya bukan dua hal yang terpisah, tetapi nyaris selalu kombinasi antara keduanya. Ketika sudah 12 jam kita tidak makan apapun, maka saat makan ini kita akan mendapat nutrisi sekaligus kesenangan. Tetapi ketika makan es krim coklat setelah sepiring nasi rawon maka yang didapat hanyalah kesenangannya saja karena nutrisi sudah terpenuhi oleh nasi rawon.

manfaat beras hitam

manfaat beras hitam

Jadi kita bisa coba beberapa tips berikut untuk mengendalikan rasa lapar:

  1. Cari Pengalihan Isu

Hanya dengan membayangkan makanan, perut bisa mendadak jadi lapar. Maka kita harus mencari aktifitas yang mengharuskan kita membayangkan selain makanan. Contoh saja game Tetris, seperti penelitian yang dilakukan Professor Jon May dari Plymouth University, UK tahun 2004 lalu. Begitu juga sibuk fokus bekerja sering juga membuat orang lupa makan. Saat perhatian kita fokus pada hal selain makanan, sebetulnya kita bisa saja lapar dan sinyal ghrelin tetap muncul, tetapi berada dalam kondisi bawah sadar sehingga tidak terasa. Baru ketika pekerjaan selesai, atau game nya over, atau ada suara bel istirahat siang, kesadaran lapar itu bisa muncul dan tiba-tiba lapar. Untuk urusan pengalihan isu ini beras hitam tentu belum bisa bicara karena dibayangkan saja mungkin sudah bikin lapar hehe.

  1. Tidur yang Cukup

Erin Hanlon, peneliti endokrinologi, diabetes dan metabolisme dari University of Chicago menemukan bahwa kurang tidur akan meningkatkan hormon ghrelin sekaligus menurunkan hormon leptin. Ini berarti rasa lapar akan terus mengganggu dan makan jadi lebih banyak atau lebih sering. Inilah kenapa sebagian orang yang suka atau harus begadang, akan lebih mudah gemuk dibandingkan orang yang punya jam tidur normal. Tengah malam dan belum tidur, perut akan terasa lapar dan sulit sekali tidur jika belum diisi. Terdengar familiar?

Lama waktu tidur yang disarankan untuk orang dewasa adalah sekitar 7 jam. Meskipun angka ini tidaklah sama bagi semua orang. Dan beberapa kegiatan seperti meditasi atau ibadah yang sifatnya relaksasi dan menurunkan gelombang otak, dapat menjadi pengganti tidur dengan manfaat yang lebih besar.

Beras hitam disinyalir mengandung melatonin dan sedang diteliti oleh UGM. Melatonin adalah hormon tidur, hormon yang muncul saat tidur, yang berguna untuk regenerasi sel dan pembuangan racun. Hormon ini lebih maksimal kerjanya dalam kondisi gelap, jadi amat disarankan untuk tidur dalam kondisi gelap atau lampu dimatikan.

  1. Olahraga Intens Dalam Waktu Singkat

Olahraga menghilangkan rasa lapar? Yang benar saja! Tapi setidaknya itulah yang ditemukan dari penelitian yang dilakukan Tom Hazell dari Wilfrid Laurier University, Canada. Memang kebanyakan orang akan lapar setelah olahraga, secara logika pun mudah, tubuh akan meminta diisi kalori lagi setelah kehilangan banyak saat olahraga. Tetapi ini terjadi jika intensitas olahraga nya ringan sampai sedang. Jika kita berolahraga dengan intensitas tinggi dalam waktu singkat, misalnya berenang non stop selama 30-45 menit, maka pelepasan hormon ghrelin akan menurun sehingga kita jadi tidak kepengen makan.

Lalu ada pertanyaan apakah jika dalam kondisi lapar dan tidak seharusnya makan untuk mengurangi berat badan, apakah olahraga bisa menyelamatkan kita dari godaan makan? Jawabnya iya, dengan syarat olahraga yang dilakukan ya seperti telah diungkapkan tadi. Intensitas tinggi dalam waktu singkat. Lakukan pemanasan singkat sekira 5 menit agar tubuh tidak kaget dan otot tidak kram, lalu langsung lakukan gerakan yang terus-menerus selama 30-45 menit. Apakah itu senam, zumba, aerobik, jogging, sepeda, atau berenang, pastikan energi yang dikeluarkan cukup besar.

manfaat beras hitam

manfaat beras hitam

  1. Hindari Stres

Memang tidak semua orang yang stress melampiaskan tekanan batinnya dengan makan. Dr. Michael Lutter dari University of Iowa menemukan bahwa 40% orang ingin makan saat stress, 40% lainnya justru kehilangan selera makan, dan sisanya 20% tidak terpengaruh nafsu makannya akibat stress. Tetapi alangkah baiknya dan besar manfaatnya jika kita dapat menghindari stress karena hormon kortisol alias hormon stress dapat mengganggu metabolism jika terus-menerus dikeluarkan ke dalam darah kita. Meditasi dan ibadah adalah salah satu cara menghilangkan stress. Saat gelombang otak kita menurun karena meditasi, kortisol akan berkurang, sementara hormon yang memicu kebahagiaan seperti serotonin akan dikeluarkan.

  1. Makan yang Bernutrisi

Ketika kita sudah makan sepiring penuh spaghetti dan ternyata masih ingin makan coklat yang manis, bisa jadi itu bukan lapar mata tetapi salah satu bentuk homeostatic hunger. Kenapa bisa? Karena bisa jadi itu bentuk sinyal tubuh kita yang sedang kekurangan mineral kromium. Kromium adanya di kacang-kacangan di dalam coklat itu, tetapi kalau kita ikuti dengan makan coklat, maka terlalu banyak gula yang kita makan. Untuk mengenali jenis-jenis ketagihan mineral ini dan makanan sehat apa yang menjadi obatnya, akan kita bahas di artikel selanjutnya.

Tetapi aturan mudahnya, makanlah makanan yang lengkap dan organik. Makanan yang ditanam secara organik (atau dipelihara, kalau berupa daging ayam misalnya) mengandung lebih banyak nutrisi mikro seperti kasus kromium tadi. Beras hitam termasuk juga di dalamnya, karena kulit ari yang berwarna hitam ini kaya akan kandungan bermacam nutrisi mikro. Masa tanam yang lebih panjang memastikan bahwa tidak hanya kuantitas pati yang tinggi tetapi juga kualitas dan kelengkapan nutrisi mikro nya secara penuh berada dalam setiap bulirnya.

Kesimpulannya, mengendalikan rasa lapar ternyata cukup sederhana. Dengan pola hidup dan pola makan yang sehat, rasa lapar berlebihan seharusnya tidak terjadi. Makan yang alami dan tidak banyak diproses pabrik, utamakan yang ditanam atau dirawat secara ramah lingkungan, tidak harus sertifikasi organik. Untuk mengetahui apakah penanamannya ramah lingkungan, maka sebaiknya kita mengenal petani kita dan berlangganan dengannya. Dengan nutrisi yang lengkap, makan sedikit pun kita sudah kenyang dan badan lebih berenergi untuk aktifitas. Jangan lupa tidur dan olahraga yang cukup, dan hindari stress. Semoga sehat selalu!

MENU MAKANAN UNTUK DIET HARI INI

Makanan Untuk Diet

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *