Perbedaan Kalori Dalam Cangkir Beras Hitam

Beras Hitam – Ada beras putih, beras merah dan beras hitam. Beras merah dan hitam seringkali dijadikan pilihan menu saat seseorang sedang menjalani diet. Anda sendiri mungkin juga sudah rajin mengonsumsi nasi merah maupun hitam sebagai pengganti dari nasi putih.

Meskipun nasi merah dan nasi hitam sama-sama rendah lemak dan merupakan sumber karbohidrat yang baik dan sehat, beras hitam mengandung kalori yang lebih rendah dan merupakan sumber serat yang lebih baik. Sebanyak 76 gram beras hitam mengandung 200 kalori. Sedangkan beras merah dengan ukuran yang sama mengandung 226 kalori. Memang tak seberapa, namun bila Anda mengonsumsi jumlah yang esktra sebanyak 24 kalori setiap hari, maka hasilnya akan terlihat pada berat badan Anda.

Bila dibandingkan dengan beras merah, beras hitam memiliki kandungan serat yang lebih tinggi serta merupakan sumber protein yang lebih baik dari beras merah. Sebanyak 76 gram beras hitam mengandung 43 gram karbohidrat, 3 gram serat, 6 gram protein, dan 2 gram lemak. Sedangkan dalam ukuran yang sama, beras merah mengandung karbohidrat sebanyak 47 gram, serat sebanyak 2 gram, protein sebanyak 5 gram dan lemak sebanyak 2 gram.

Mineral pada kedua jenis beras ini sama, namun beras hitam merupakan sumber zat besi yang lebih baik, karena dapat memenuhi hingga enam persen dari kebutuhan sehari-hari, sedangkan beras merah hanya sampai lima persen. Warna hitam pada beras menandakan adanya kandungan zat antioksidan, semakin pekat, maka artinya semakin banyak.

Menurut The American Chemical Society, antosianin, yaitu pigmen yang memberikan warna hitam pada beras merupakan antioksidan yang berperan melawan penyakit jantung dan kanker.

Calories 160 Sodium 0 mg
Total Fat 2 g Potassium 0 mg
Saturated 0 g Total Carbs 34 g
Polyunsaturated 0 g Dietary Fiber 2 g
Monounsaturated 0 g Sugars 1 g
Trans 0 g Protein 5 g
Cholesterol 0 mg
Vitamin A 0% Calcium 0%
Vitamin C 0% Iron 4%

 

Calories 640 Sodium 0 mg
Total Fat 6 g Potassium 0 mg
Saturated 0 g Total Carbs 136 g
Polyunsaturated 0 g Dietary Fiber 8 g
Monounsaturated 0 g Sugars 4 g
Trans 0 g Protein 20 g
Cholesterol 0 mg
Vitamin A 0% Calcium 0%
Vitamin C 0% Iron 16%

*Nilai persen harian berdasarkan diet 2000 kalori. Nilai harian Anda mungkin lebih tinggi atau lebih rendah tergantung pada kebutuhan kalori Anda.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *