Jual Beras Hitam : Label Organik, Jaminan kah?

Jual Beras Hitam – Belum lama ini obrolan mengenai sertifikasi organik kembali menghangat di forum Komunitas Organik Indonesia. Seharusnya, sertifikasi adalah langkah penting untuk melindungi konsumen. Dengan sertifikat organik, kita sebagai pembeli akan mudah membedakan produk yang aman dengan yang tidak. Rasa aman karena yakin dengan kualitas barang yang kita beli.

jual beras hitam petani lokal

Tapi kenyataan di lapangan, hehe, jauh dari impian. Sertifikasi butuh biaya yang fantastis, tak terjangkau oleh kebanyakan petani. Untuk kasus lainnya mengenai sertifikasi, saya tak berani buka-bukaan karena belum punya bukti yang valid, takut jadi ghibah hehe.

Idealnya, saya menyarankan kita untuk beli langsung ke petani. Petani yang sudah kita kenal baik dan kita percaya untuk menanam dengan cara yang ramah lingkungan alias organik. Tapi tentu tidak semua dari kita bisa begitu. Saya pun masih jarang-jarang bisa beli sayur langsung ke petani hehe. Hanya beras dan beberapa bahan yang cukup awet untuk pesan dalam jumlah cukup besar.

Cara lain mungkin bisa dengan teliti setiap membeli. Read the label. Baca dulu komposisi bahan dari makanan yang akan kita beli. Tapi ini tidak selalu manjur karena sering pengetahuan kita tentang bahan pangan masih terbatas. Atau produsen yang pintar memberi nama samara untuk bahan yang kita hindari. Atau, produknya segar seperti sayuran yang memang tidak ada labelnya.

Lalu bagaimana caranya supaya yakin dan aman ketika membeli makanan?

Kalau terus menyalahkan pemerintah memang tak ada habisnya hehe. Walau benar seharusnya andil pemerintah cukup besar dalam menciptakan keamanan pangan dan perlindungan konsumen. Tapi setidaknya kita masing-masing punya tanggung jawab atas apa yang kita makan sendiri.

Kami bersama teman-teman di Komunitas Organik Indonesia sedang mengusahakan semacam labelisasi partisipatif. Dari teman-teman yang ahli di berbagai bidang akan bergabung membentuk Board of Advisory yang membahas mulai dari bagaimana seharusnya penanaman yang ramah lingkungan, bahan apa saja yang aman untuk dikonsumsi, pengolahan apa yang harus dihindari, dan sebagainya. Lalu kita buatkan label berupa QR code pada produk. Kode ini dapat di scan menggunakan kamera HP dan langsung terkoneksi ke halaman yang mencantumkan detail produk, sehingga konsumen dapat ikut menentukan keamanan produk tersebut. Disebut partisipatif karena setiap member KOI akan mengawasi produk tersebut, jika ditemukan ada perubahan atau praktik yang tidak ramah lingkungan atau menggunakan bahan berbahaya, maka yang bersangkutan akan diberi sanksi.

jual beras hitam

jual beras hitam

Sistemnya sedang kami godog bersama dan sementara sudah mulai diluncurkan label QR code ini pada beberapa produk. Bukan bermaksud menyaingi sertifikasi yang ditetapkan pemerintah. Maksudnya hanyalah ingin memberikan rasa aman kepada pelanggan dan kepastian akan keamanan produk yang ingin dikonsumsi.

Semoga bermanfaat J

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *