FAQ

Tanya Jawab Seputar Wedang Beras Hitam

Apa itu Beras Hitam?

Beras Hitam adalah varietas beras yang berwarna hitam dan kaya khasiat.

Apa khasiat Beras Hitam?

Beras Hitam memiliki kemampuan dalam menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh (imunitas), mengeluarkan racun (detoksifikasi), menyeimbangkan sistem metabolisme, serta memiliki aroma dan rasa yang lezat. Selain itu, Beras Hitam juga bisa membantu penyembuhan berbagai penyakit seperti leukemia, diabetes, kegemukan, kanker, kolesterol, maag, asma, ginjal, hipatitis, anemia, masalah pencernaan, penuaan dini, alergi makanan, masalah kewanitaan dan lain sebagainya.

Apakah Beras Hitam sama dengan ketan hitam?

Tidak. Seperti halnya ketan putih berbeda dengan beras putih. Meski beras hitam agak lengket, namun tidak seperti ketan, masih terasa berasnya.

Dari mana Beras Hitam berasal?

Sebenarnya hampir setiap daerah memiliki Beras Hitam tersendiri. Sayangnya, seperti nasib varietas lokal lainnya, sudah banyak yang menghilang akibat revolusi hijau atau penggunaan bibit unggul. Beberapa daerah yang masih memiliki beras diantaranya adalah Yogyakarta, Malang, Cirebon, Purwokerto, Subang, Lombok, Toraja, Banten, Sumatera Selatan, Bali dan Kalimantan Tengah. Di Cina juga terdapat Beras Hitam meskipun langka. Demikian pula dengan beberapa negara Asia Tenggara, Australia dan Amerika.

Mengapa Beras Hitam jarang diketahui?

Pada masa dahulu Beras Hitam menjadi mitos yang kuat, dimana Beras Hitam merupakan makanan terlarang, khusus bagi kaum bangsawan dan keluarga kerajaan.

Seperti apa legenda Beras Hitam?

Hingga kini, keluarga sultan dan petinggi abdi dalem keraton Yogyakarta masih mengonsumsi Beras Hitam sebagai makanan pokok sehari-hari, bukan beras putih. Meski sudah mulai luntur, di daerah bekas kekuasaan kesultanan Cirebon yang meliputi Cirebon, Kuningan dan Indramayu, masih ada pamali atau hal tabu bagi rakyat biasa untuk menyimpan Beras Hitam, apalagi menanam dan mengonsumsinya. Suku-suku yang terisolir seperti suku Sasak di Lombok dan suku Toraja masih mengonsumsi Beras Hitam secara terbatas oleh petinggi adat pada ritual-ritual tertentu. Bahkan di Cina, Beras Hitam hingga kini masih sering disebut sebagai Forbidden Rice karena memang asalnya beras ini khusus konsumsi keluarga kaisar.

Seperti apa tumbuhan Beras Hitam?

Padi hitam sama seperti kebanyakan padi. Yang membedakan adalah tingginya mencapai 2 meter, umur panen 6 bulan dan persyaratan hidup yang unik. Tumbuhan ini tidak dapat diberi perlakuan pupuk anorganik, karena pertumbuhannya akan menjadi abnormal sehingga hasil panen justru menjadi tidak optimum. Padi hitam juga tahan hama, sehingga pemberian pestisida adalah suatu kesia-siaan. Tidak dapat tumbuh baik pada sawah yang tergenang, namun juga tidak tumbuh optimal di lahan kering. Padi hitam Indonesia tergolong dalam jenis padi javanica yang umumnya berumur panjang, tidak responsif dengan pupuk anorganik dan perawakan tumbuhan yang jangkung.

Lalu, apa itu Wedang Beras Hitam?

Kami menjual Beras Hitam dalam bentuk wedang siap seduh yang sudah dilengkapi dengan gula aren organik atau sebut saja Wedang Beras Hitam. Wedang Beras Hitam merupakan buah dari proses panjang yang kami kerjakan dengan profesional dan sepenuh hati, mulai dari penanaman padi, pemanenan, pengolahan dengan mesin terbaik, hingga pengemasan modern yang mampu mempertahankan kekuatan alam yang terkandung di dalam bulir Beras Hitam untuk anda resapi dan nikmati. Cukup dengan menyeduh Wedang Beras Hitam dalam secangkir air mendidih, anda sudah bisa merasakan dan menikmati sentuhan dari kedahsyatan khasiat alami yang telah lama dirindukan oleh tubuh anda. Wedang Beras Hitam gitu loh!

Untuk menghasilkan minuman berkhasiat dan lezat, kami memadukan Beras Hitam dengan Gula Aren Organik dalam Wedang Beras Hitam. Tidak perlu khawatir dengan kadar gula anda, karena perpaduan keduanya justru menghasilkan produk berkualitas dan baik bagi kesehatan. Dapatkan rahasia kecantikan dan kesehatan kalangan ningrat dengan menikmati Wedang Beras Hitam secara teratur 2 kali sehari.

Produk Beras Hitam berupa Wedang Beras Hitam yang kami tawarkan kepada anda diolah dan diproses secara teliti sesuai Standard Operating Procedure (SOP) yang super ketat. Karena itu, produk kami sudah memiliki sertifikat resmi dari Dinas Kesehatan P-IRT No. 606321301516.

Apakah ada efek sampingnya?

Beras hitam mengandung antioksidan dan zat aktif dalam kadar yang tinggi. Zat-zat ini akan langsung bereaksi dalam tubuh, membersihkan radikal bebas dan sel-sel yang rusak atau fungsinya terganggu. Reaksi pembersihan atau detoks mungkin terjadi ketika mulai rutin mengonsumsi Beras Hitam. Reaksi ini berbeda-beda dan mungkin kurang menyenangkan seperti mual, pusing, sakit di tempat yang bermasalah, sembelit, pegal, dan lain sebagainya. Reaksi ini akan hilang dalam beberapa hari jika konsumsi dilanjutkan, dan kondisi kesehatan akan berangsung membaik.