Curhatan Petani Beras Hitam, Makanan Untuk Diet Yang Melegenda

jual beras hitam

jual beras hitam

Makanan Untuk Diet – Tiga tahun lebih menjadi petani konvensional adalah cobaan berat bagi nurani saya. Memang bukan pencaharian pokok saya sebagai petani, namun tidak sedikit dana, tenaga dan waktu yang saya tanam di lahan. Bukan hanya praktikum seadanya tapi bisnis agro yang serius dan menyangkut kantong pribadi saya.

Lama kelamaan saya menyerah. Melihat kuncup jagung ditaburi racun anti cendawan saja saya tak sanggup. Bisa dipastikan sisa racun itu masih ada ketika dipanen. Langsung teringat, kemarin baru saja makan jagung bakar. Yang ditanam dengan cara yang sama. Karena itu cara yang sudah umum digunakan. Cara yang sudah jadi pakem.

Panen padi bhasmati pun hampir gagal, karena hamanya saya biarkan. Padi mahal ini tingginya nyari sama dengan tubuh saya. Menyemprot pestisida pun susah dilakukan, tanpa menyemprot muka sendiri. Begitu pula sawah-sawah padi saya berikutnya.

Makanan Untuk Diet

Makanan Untuk Diet

Saya sedih melihat kerja keras petani, yang berbanding terbalik dengan kesejahteraan mereka. Miris melihat tanah ibu pertiwi yang subur terus menerus diracuni. Ini bukan kiasan atau puisi karena inilah pemandangan yang harus saya nikmati tiap hari.

Jika dulu hijaunya sawah terasa sangat menyegarkan, kini semuanya sirna. Aroma racun hama membuat dada sesak dan pandangan mengabur. Tanah pun mengeras dan makin sulit diolah.

Tapi titik terang akhirnya merekah juga. Saya dipertemukan dengan ide Natural Farming. Sosok Masanobu Fukuoka dalam buku The One Straw Revolution seperti oase dalam perjalanan hidup yang panas menyengat. Kesegaran yang membangunkan jiwa saya dari tidur panjang. Tidak hanya tentang pertanian, tapi kesadaran hidup saya.

Jual wedang beras hitam

Sepintas baca, The One Straw Revolution tak lain dari sebuah catatan harian seorang petani. Namun yang saya dapati malah sebuah pencerahan. Pencerahan tentang hakikat hidup manusia. Cara pandang saya terhadap alam mendadak berubah 180 derajat.

Satu kutipan Fukuoka yang paling menohok adalah “Manusia adalah satu-satunya makhluk yang harus bekerja untuk bisa bertahan hidup.”

 

Life breaks free. Life expands to new territories. Painfully, perhaps even dangerously. But life finds a way.

― Michael Crichton, Jurassic Park

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *