Cara Memasak Beras Hitam yang Baik dan Benar

Jual Beras Hitam memang memudahkan kita mendapatkannya, namun bagaimana cara mengolah beras hitam yang benar? Beras hitam saat ini banyak diperbincangkan karena dianggap jauh lebih sehat daripada beras merah. Kandungan serat yang tinggi dinilai baik untuk melancarkan pencernaan sedangkan kalorinya yang rendah tidak akan menambah berat badan.Sayangnya meskipun cukup familiar di pasaran, masih banyak orang yang tidak tahu bagaimana cara memasak beras hitam yang baik. Meskipun sama-sama beras, faktanya cara memasak beras hitam diet sangat berbeda dengan memasak beras putih biasa.

jual beras hitam

jual beras hitam

Jual Beras Hitam dan Cara Memasak Beras Hitam yang Benar

Pada proses memasak beras putih, yang jadi perhatian utama adalah takaran airnya. Mau dimasak secara tradisional atau dengan menggunakan ricecooker, kita harus memperhatikan takaran air dengan baik. Tekstur beras putih jauh lebih lembek dari beras hitam, jadi bila dimasak dengan air yang banyak akan berubah jadi bubur. Berbeda dengan beras hitam yang bila dimasak dengan air yang banyak pun tetap memiliki tekstur yang padat. Supaya tidak merasa sulit saat mengkonsumsi beras hitam yang dibeli dari tempat jual beras hitam terbaik.

Idealnya memasak beras hitam itu dilakukan bersamaan dengan memasak beras putih. Jadi beras dicampur menjadi satu. Hal ini dilakukan agar memperoleh nasi hitam dengan tekstur yang lebih lembut. Harga jual beras hitam per kilo cukup terjangkau sehingga pengeluaran tidak membengkak meskipun masaknya dengan perbandingan 1:1, antara beras hitam dan putih.

Meskipun dicampur, khasiat dari beras hitam masih bisa dinikmati karena perbandingan kecil tersebut.Beberapa pedagang atau agen jual beras hitam organikumumnya merekomendasikan hal yang sama. Perbandingan beras 1:1 tidak akan membuat beras hitam bertekstur kasar. Jika memang setelah selesai memasak nasi yang dihasilkan masih kurang pulen, boleh ditambah lagi air sedikit, diaduk rata, kemudian dimasak sekali lagi agar nasinya lebih pulen.

Meskipun sudah dicampur, kandungan serat dan antioksidan pada beras hitam tetap terjaga. Manfaat beras hitam banyak sekali, tidak sekedar untuk merawat kesehatan dan kekebalan tubuh. Konsumsi beras hitam juga baik untuk diet, karena kalorinya yang lebih rendah dibandingkan beras merah.

Konsumsi dalam jangka panjang cukup aman karena beras hitam bukan obat. Tidak ada efek samping yang perlu dikhawatirkan asalkan mengkonsumsi beras hitam dalam takaran yang pas. Bahkan banyak yang mengakui berhasil menurunkan berat badan setelah makan nasi hitamyang enak dan kaya gizi. Terlebih karena orang yang jual beras hitam untuk diet juga mengatakan bahwa jenis beras ini memiliki serat yang jauh lebih banyak. Sehingga cocok untuk membantu program diet karena Anda tidak akan mudah lapar saat mengkonsumsinya. Karena kaya nutrisi, beras hitam juga baik untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *