Pernah Sakit Maag? 3 Hal Wajib Anda Tahu Tentang Maag

Jual Beras Hitam – Sakit maag sepertinya sudah bersaing dengan masuk angin dalam urusan penyakit populer yang hanya ada di Indonesia. Sepertinya banyak mitos dan salah kaprah berkaitan dengan organ perut kita ini. Lambung sebetulnya adalah organ yang sangat kuat. Karena setiap hari harus mengeluarkan asam lambung yang dapat melarutkan sebatang paku besi, maka permukaan lambung terdiri dari 3 lapis jaringan yang selalu tumbuh cepat. Setiap asam lambung dikeluarkan untuk mencerna makanan, lapisan tersebut akan tergerus sehingga harus selalu tersedia lapisan pengganti dibawahnya. Jika terlambat atau terganggu prosesnya, maka dapat terjadi iritasi oleh asam lambung kita sendiri. Dan rasanya sakit sekali. Bayangkan tangan Anda terluka lalu direndam asam cuka.

beras hitam harga

beras hitam harga

Bahkan asam lambung lebih kuat dari asam cuka.Jadi apa sebetulnya maag itu dan bagaimana cara pengobatannya?

1. Tidak ada penyakit maag.Maag sendiri sebetulnya bukan nama penyakit, tapi bahasa Belanda de-maag yang bermakna lambung. Kalau sakit maag ya berarti sakit lambung, tapi kadang orang bilang, saya punya maag. Yah, semua orang sehat juga punya maag dong hehe. Dan dalam istilah kedokteran internasional tak ada itu sakit maag. Maag sebetulnya bisa merujuk kepada satu atau lebih dari penyakit ini: Gastritis (radang perut), Dyspepsia/ Indigestion (gagal cerna), dan Stomach Ulcer (tukak lambung). Berbeda penyakit ini maka seharusnya berbeda obat dan penanganannya. Walaupun sering juga satu darinya diikuti dengan yang lainnya, atau bahkan tiga-tiganya muncul sekaligus. Cairan empedu yang naik atau Bile Reflux juga dapat menyebabkan sakit maag.

2. Hubungan perut dengan otak sangat eratPernahkah Anda mengalami situasi yang tidak menyenangkan sehingga perut terasa sakit, mual, bahkan sampai muntah? Inilah yang sering disebut psikosomatis. Psikis mempengaruhi fisik tubuh, juga sebaliknya. Pencernaan kita sering disebut sebagai otak kedua karena banyaknya jaringan syaraf yang terhubung langsung ke otak di sepanjang jalur ini. Maka stress, tekanan mental, terlalu banyak pikiran, akan sangat mempengaruhi kesehatan lambung, pencernaan, dan pada akhirnya juga seluruh tubuh kita. Menjaga kondisi psikis tetap tenang, damai dan bahagia adalah satu faktor kunci agar tetap sehat, terhindar dari penyakit apapun. Walaupun pola makan sudah sangat sehat sempurna plus olahraga rutin, tapi secara kejiwaan kita dalam kondisi tertekan atau tidak baik, sangat mungkin bermacam penyakit akan datang. Dan penyakit pencernaan sebagai koneksi utama otak biasanya adalah organ yang paling pertama menderita.

3. Ada obat yang hanya meredakan tapi tidak menyembuhkan Asam lambung sebetulnya sangat kita butuhkan karena dapat mencerna efektif sekaligus membunuh kuman berbahaya dalam makanan. Sedangkan obat yang paling umum diminum ketika maag terasa sakit adalah antasida alias penawar keasaman. Jika asam lambung dinetralkan dengan obat antasida, maka makanan yang ada di lambung tidak tercerna dengan baik, dapat memicu gagal cerna. Bisa juga kuman yang ada di makanan tidak mati, sehingga menyebabkan infeksi atau gangguan lain.

wedang beras hitam

wedang beras hitam

Bisa jadi juga, tubuh mendapat sinyal bahwa keasaman lambung kurang optimal sehingga malah menghasilkan lebih banyak lagi asam lambung.Maka antasida sebetulnya bukan obat tetapi hanya meredakan sementara.

Penggunaan jangka panjang tentu akan sangat mengganggu proses pencernaan alami tubuh kita. Usus akan menerima beban berat mencerna yang seharusnya menjadi tugas lambung, terutama lemak dan pemecahan protein. Kuman akan lebih leluasa menyebar karena tidak mati di lambung. Sebaiknya antasida hanya diminum ketika sakit sudah tidak tertahankan dan memberi sedikit waktu bagi lambung untuk membentuk lapisan pelindung asam.Pengobatan yang baik bagi maag tentunya adalah kombinasi dari banyak hal.

Mempertahankan kondisi ideal lambung dan pencernaan, jangan sampai terlalu asam atau terlalu netral. Kemudian juga harus mempercepat menyembuhan jika terjadi luka, iritasi atau tukak lambung, dengan asupan makanan bernutrisi tinggi dan antioksidan. Untuk mengatasi kuman penyebab infeksi, cara terbaik dengan probiotik. Mikroorganisme baik akan membantu tubuh kita melawan infeksi dan menghasilkan vitamin serta zat yang baik bagi tubuh kita, termasuk juga zat untuk menjaga keutuhan lapisan permukaan pencernaan.

beras-hitam-di-kompas

beras-hitam-di-kompas

Prebiotik juga perlu sebagai makanan bagi mikroorganisme baik itu. Jika sangat terpaksa karena penyebaran infeksi terlalu parah barulah gunakan antibiotik.Menjaga kondisi psikis dan mental agar tetap tenang juga sangat penting untuk mempercepat kesembuhan. Hindari hal-hal yang menyebabkan stress, khawatir, takut dan tertekan. Perlu manajemen hati agar selalu dalam kondisi tenang, damai dan bahagia.

Beras hitam yang sudah dikecambahkan mengandung serat larut air yang dapat menyerap asam lambung berlebih. Serat ini berfungsi seperti spons yang menyerap kelebihan asam lambung tanpa mengganggu keasaman optimal bagi pencernaan.- Serat ini juga berfungsi sebagai prebiotik yang menjadi makanan bagi mikroflora mutual, yang akan menghasilkan asam butirat. Asam butirat merupakan sumber energi sel usus dan pembentuk pelindung permukaan pencernaan.- Karbohidrat kompleks yang terkandung dalam beras hitam dapat menjadi sumber tenaga bagi tubuh kita untuk mempercepat proses penyembuhan sel sakit, tetapi tidak mengganggu kestabilan gula darah juga tidak menjadi makanan bagi kuman penyebab infeksi. Seperti kita ketahui, jika lambung terinfeksi maka mengkonsumsi gula akan memperparah sakitnya karena kuman penyebab infeksi seperti mendapat bahan bakar untuk berkembang biak.- Antioksidan yang tinggi dalam beras hitam dapat membantu proses perbaikan jaringan yang luka, juga membersihkan racun yang menghambat proses ini.

manfaat beras hitam

manfaat beras hitam

Penyakit, kesembuhan dan kesehatan kita adalah hasil dari banyak faktor. Demikian pula pengobatan yang baik, tidaklah bergantung kepada satu obat sakti yang sanggup mengalahkan kehendak Tuhan. Memang wajib berikhtiar untuk berobat, dan di dalam ikhtiar itu juga wajib kita memahami tubuh kita sendiri. Jangan tutup mata dengan semua yang diresepkan. Kita juga bertanggung jawab terhadap kesehatan diri kita sendiri. Kalau sakit pun kita sendiri yang merasakan sakitnya dan rugi karena aktifitas terganggu. Maka memilih cara pengobatan juga harus teliti. Sebisa mungkin mengurangi pemakaian obat kimia yang menyebabkan efek samping. Apalagi obat yang tidak menyembuhkan, malah menambah parah dalam jangka panjang.

Pengobatan alami yang utama, tetapi jika kondisi genting mendesak boleh digunakan obat kimia seperlunya, karena sifat obat kimia yang keras dan cepat.Menjaga kedekatan dengan Tuhan dan kepasrahan bahwa setiap penyakit pasti mengandung hikmah di baliknya adalah tombol untuk mengaktifkan Kasih Sayang Nya, sehingga kita diberikan kesehatan seperti sedia kala. Percaya bahwa setiap rasa sakit adalah penghapus dosa, meskipun juga tidak berarti boleh berlama-lama dalam kondisi sakit tanpa ikhtiar untuk sembuh. Berdoa dan menjaga hati selalu tenang harus dilakukan baik dalam kondisi sehat, apalagi ketika sakit. Semoga kita sehat selalu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *