Selain Bebatuan Tua Ada Juga Beras Hitam di Geopark Ciletuh

JUAL BERAS HITAM – Membaca berita tentang Festival Ciletuh Geopark di sebuah portal online, mendadak saya teringat beberapa waktu lalu ada teman saya yang menawarkan beras hitam dari Ciletuh. Waktu saya Tanya, organik atau tidak? Katanya, ya jelas organik bahkan airnya pun bersih karena daerah Ciemas Ciletuh terpisah jauh dari wilayah pertanian.

jual beras hitam

jual beras hitam

Mas Didi Diarsa dari Code Margonda yang akrab dengan saya saat itu sedang ikut sibuk mengangkat Ciletuh agar terpilih menjadi Global Geopark. Tahun 2017 ini adalah penentuan apakah Ciletuh dapat lolos menjadi nominee untuk kemudian terpilih oleh UNESCO sebagai world heritage.

Beras hitam ternyata merupakan salah satu tanaman asli di Kecamatan Ciemas, dimana Geopark Ciletuh berada. Beruntung warga disana masih mempertahankan varietas langka ini meskipun dulu tidak laku. Karena keragaman hayati adalah salah satu syarat suatu wilayah terpilih menjadi Geopark. Kalau saja beras hitam punah disana, maka akan berkurang satu poin penilaian.

Tidak hanya menambah keragaman dan penilaian, beras hitam juga menjadi penambah kesejahteraan. Seperti diungkapkan Asep dari Paguyuban Alam Pakidulan Sukabumi (PAPSI), Dulu tanam beras hitam tidak laku, tapi sekarang jadi oleh-oleh andalan kami. Sebagai oleh-oleh yang laris diminati pengunjung, tentu beras hitam menyumbang pendapatan bagi petani.

beras hitam alami

beras hitam alami

Teluk Ciletuh yang unik ini bentuknya seperti tapal kuda yang terbentuk dari batuan tertua di pulau Jawa. Rute mencapai kesana masih agak melelahkan, meskipun perbaikan jalan sudah dikejar oleh pemerintah setempat dan pemerintah Jawa Barat. Dari Sukabumi, lewat Cibadak menuju Pelabuhan Ratu, belok ke arah Simpenan sampai ke desa Taman Jaya kecamatan Ciemas.

Kerjasama baik antara warga setempat, pemerintah kabupaten dan provinsi, serta proyek CSR dari salah satu perusahaan agaknya perlu dijadikan contoh bagi daerah-daerah lain di Indonesia. Meningkatkan pariwisata biasanya akan mengorbankan kelestarian alam dan budaya.

Disini warga membentuk paguyuban untuk menjaga semuanya tetap alami dan sehat. Semoga lahan sawah beras hitam disana tetap terjaga baik dan berkembang menjadi satu ikon keragaman hayati yang dikenal masyarakat Indonesia. Dan yang terpenting lagi, beras hitam harus laris dibeli, menjadi makanan sehari-hari yang membanggakan dan menyehatkan masyarakat Indonesia.

jual beras hitam

jual beras hitam

Meski belum se terkenal Pelabuhan Ratu atau Ujung Genteng, namun Ciletuh akan menjadi destinasi wisata yang menarik karena banyaknya spot wisata. Ada banyak curug atau air terjun, pantai Palangpang, Puncak Darma dan lainnya. Bagi yang merencakan wisata tak ada salahnya mencoba kesana. Jangan lupa bawa oleh-oleh beras hitam ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *