5 Fakta Menarik Beras Hitam yang Jarang Diketahui

Jual beras hitam sebagai salah satu makanan pokok ternyata memiliki berbagai fakta menarik yang jarang diketahui oleh banyak orang. Di Indonesia, beras hitam termasuk komodisi beras yang tidak begitu familiar, bahkan banyak yang sering keliru dengan ketan hitam. Padahal, manfaat beras hitam sangat banyak termasuk untuk membantu kelancaran program diet. Dari segi tekstur dan rasa, beras hitam memang tidak memiliki tekstur yang pulen seperti beras putih. Terkadang kita harus memasak beras hitam memakai banyak air dalam jangka waktu lebih lama. Atau bisa juga dengan mencampur beras putih ke dalamnya agar tekstur nasi hitam lebih lembut.

Jual Beras Hitam dengan Berbagai Fakta Menarik

  1. Beras hitam merupakan beras pusaka yang awalnya dikembangkan di Asia bahkan dahulu beras hitam menjadi makanan pokok para raja-raja. Sebagaimana namanya, beras ini memiliki warna hitam yang sangat pekat. Warna hitam tersebut akan berubah menjadi ungu tua setelah beras dimasak menjadi nasi. Harga jual beras hitam per kilo mungkin lebih mahal bila kita bandingkan dengan beras putih dan beras merah. Tapi untuk kualitas, secara keseluruhan beras hitam jauh lebih baik dan unggul.
  2. Kandungan flavonoid (antosianin) pada beras hitam yang menjadi penyebab beras berwarna hitam gelap. Antosianin juga seringkali kita temukan pada ceri tua, blackberry dan raspberry. Antosianin pada beras hitam masih diteliti, namun banyak yang berpendapat jika beras ini baik untuk kesehatan. Penderita penyakit kanker, penyakit Alzheimer, penyakit jantung, dan diabetes dianjurkan mengkonsumsi nasi hitam. Secara keseluruhan, manfaat utama beras hitam berasal dari sifatnya yang anti inflamasi dan antioksidan.
  3. Dari catatan jurnal nutrisi tahun 2008 mengungkapkan fakta jika beras hitam efektif untuk mencegah perkembangan aterosklerosis. Ujicoba dilakukan pertama kali pada objek tikus yang memiliki gangguan fungsi jantung. Beras hitam dari tempat jual beras hitam terpercaya baik untuk menurunkan kolesterol. Bahkan ekstrak dari beras hitam bisa kita temukan ada pada obat simvastatin yang umum digunakan sebagai obat kolesterol.
  4. Toko jual beras hitam organik menawarkan beras hitam kualitas terbaik yang kaya akan mineral dan zat besi. Seluruh kandungan dari beras hitam secara tidak langsung jauh lebih unggul daripada beras merah.
  5. Beras hitam memiliki cita rasa yang lezat sehingga cocok dimanfaatkan sebagai pengganti beras putih ketika dokter tidak menganjurkan konsumsi nasi putih. Kandungan gula dan kalorinya yang rendah juga sangat cocok bagi mereka yang menjalani program diet.

Olah beras hitam sebagai makanan sehari-hari, bila belum terbiasa dengan rasanya tidak ada salahnya mencampurnya lebih dahulu dengan beras putih sebagai latihan. Namun cobalah untuk membelinya dari orang yang jual beras hitam karena beras ini memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan serta membantu diet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *